Senin, 15 Maret 2010

...Mati terhaMbat kaRenna jiMat...????

sering kita dengar, ketika ada orang yang lama kesakitan dan menderita, lalu tidak pula segera datang ajalnya, orang-orangpun berujar, "jangan-jangan dia punya 'pegangan', sehingga sulit matinya," Tak sedikit yang menyimpulkkan, bahwa jimat bisa menjadi penghambat lepasnya nyawa dari ajsad.

mungkin saja kesimpulan didapat dari adanya kasus nyata, tentang seseorang lama kesakitan akhirnya wafat setelah jimat yang dimilikinya dibuang. Tapi, kesimpulan seperti ini terlalu lemah dan tidak dilandasi oleh dalil syar'i yang kuat.

jikalau ada fakta yang menunjukan bahwa orang yang memiliki jimat kesaktian dan menderita dalam tempo yang lama ketika sakaratul maut, bukan berarti ajal baginya terhambat. Karena jal tidak akan bisa dimajukan atau diundurkan karena jimat atau apapun. Tidak pula malakul maut terhalangi untuk menjalankan tugasnya gara-gara jimat.

jimat tidak bisa mendatangkan manfaat, mencegah madharat bagi pemiliknya disaat sehat, tidak pula berguna apa-apa baginya disaat sekarat.

Lagi pula, Malaikat maut tak akan gentar menghadapi orang yang memiliki jimat apapun dan shebat apapun orang yang hendak dicabut nyawanya. Diriwayatkan oleh Imam Ahmad, ketika Malakul Memndatangi Nabi Dawud, lalu beliu bertanya,
"siapakah anda ?" Malakul maut menjawab,
"Akulah makhluk yang tidak gentar terhadap raja, tidak bisa dihalangi penjaga ."
Maka


Tidak ada komentar:

Posting Komentar